Sabtu, 16 Mei 2009

Belajar Merakit PC

A. PERAKITAN PC

1. Instal prosesor yaitu dengan memasukkan CPU ke dalam soket Zif dengan benar. Dorong ke bawah CPU dan kembalikan tangkai ke posisi semula. Kemudian diatas CPU pasang heatsink dan pasang pengikatnya, kemudian pasang kabel kipas dengan supply.

2. Install Memori

Pasang RAM psada slot yang telah disediakan dan sesuai aturan, dan tekan hingga kedua kunci mengunci posisi memori.

3. Menginstal VGA Card

Pasang VGA Card pada slot AGP, tekan hingga menancap dengan benar. Jangan lupa pasang bautnya.

4. Instal Hardisk

Pasang hardisk pada casing, dan pasang bautnya, kemudian pasang kabel IDE dari hardisk ke motherboard. Untuk blue connector ke mainboard dan untuk black connector dipasang pada hardisk itu sendiri. Pasang kabel supply hardisk

5. Instal Floppydisk

Pasang floppydisk pada casing, biasanya ada dibawah cd-room. Pasang bautnya. Pasang ujung kabel ujung kabel pada floppydisk dan ujung kabel ada sobekan pada mainboard. Perhatikan warna merah pada kabel selalu terpasang pada bagian yang diberi tanda khusus pada Floppydisk connector. Selanjutnya pasang kabel supply floppydisk (perhatikan bentuk pasangan socket power supply).

6. Menginstal connector pada casing

Posisikan pin/kaki connector tergantung Motherboard. Pasang dengan teliti dan connector untuk panel depan chasing.

7. Pasang kabel powersupply warna warni dari casing ke connector powersupply yang tersedia pada motherboard dengan cara menekan connector. Pasang konektor power supply dengan kabel berwarna hitam berada di posisi tengah, kesalahan pemasangan akan mengakibatkan kerusakan berat pada Motherboard.

8. Pasang kabel serial port yang tersedia pada motherboard.

9. Hubungkan port-port yang ada dengan peralatan yang ada seperti keyboard, mouse, monitor. Power Monitor dan Kabel Power pada bagian belakang casing sesuai dengan konektor masing-masing. Dan hubungkan dari PC ke stavol.

10. Setelah seluruh komponen telah terpasang sengan baik, lakukan uji tampilan dengan menghidupkan komputer. Seperti pada gambar dibawah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar